Memilih Pakaian Saat Hari Pertama Kerja

MEMILIH PAKAIAN SAAT HARI PERTAMA KERJA AGAR TERLIHAT PROFESSIONAL

pakaian kerja

Hari pertama bekerja merupakan momen yang ditunggu sekaligus menjadi momen yang sangat gugup apalagi untuk fresh graduateyang baru memasuki lingkup kerja professional. Bila di ada seragam mungkin tidak terlalu pusing karena hanya memilih celana dan sepatu saja, tetapi untuk tempat kerja dengan pakaian non seragam merupakan hal yang ribet. Banyak orang – orang yang terlalu gugup pada hari pertama kerja akhirnya salah memilih pakaian saat hari pertama kerja yang mengakibatkan kesan yang kurang baik di kantor atau perusahaan.

PILIH PAKAIAN YANG LAZIM dan UMUM

Memilih Pakaian Saat Hari Pertama Kerja pilih pakaian yang lazim

Normalnya pakaian kantor menampilkan kesan resmi dan rapi, seperti kemeja dan bawahan celana kain atau kemeja yang dikombinasikan dengan blazer, ingat untuk selalu memastikan pakaian yang kalian kenakan bersih, wangi, dan rapi.

Namun perlu diingat untuk tidak berlebihan seperti mengenakan jas atau dasi bila tidak diminta, tapi juga jangan terlalu santai dan casual seperti mengenakan jeansatau kaos. karena kita belum tahu bagaimana gaya berpakaian para pekerja diperusahaan baru itu. Jadi sebaiknya terlihat normal, rapi, wangi, dan bersih.

WARNA DAN MOTIF YANG NETRAL

Jangan memberikan kesan formal yang berlebihan, kesan formal ini bukan hanya apa yang menempel, namun juga tentang warna dan motif, hindari warna yang mencolok seperti kuning, merah cabai, dan lain sebagainya, maka pilihlah pakaian dengan warna yang netral seperti biru navy, coklat, atau hitam. Bila ingin menggunakan kemeja motif, pilih yang simple dan sederhana, seperti kotak-kotak tipis kecil atau garis-garis. Kamu juga bisa memakai kemeja tanpa motif (polos). Hindari motif mencolok dan besar, seperti bunga-bunga berukuran besar dengan warna mencolok.

AKSESORIS AGAR TIDAK MEMBOSANKAN

Aksesoris merupakan penunjang penampilan, dapat memberi kesan berkelas dan professional. Beberapa aksesoris yang lazim digunakan yaitu jam tangan, syal, gelang, dll. Untuk lelaki atau cowo cukup tambahkan jam tangan yang terlihat formal, hindari jam yang terlihat sangat casual ataupun mengenakan gelang dan cincin selain cincin pernikahan. Perempuan sendiri dapat memilih berbagai aksesoris seperti syal, blazer, maupun gelang, dan jam tangan.

Perlu diingat untuk selalu terlihat sederhana dan simple serta tidak membuat ribet diri sendiri.

LAKUKAN RISET

Biasanya setiap tempat kerja memiliki aturan atau kebiasaan berpakaiannya sendiri, sebagai contoh untuk kantor dibidang perbankan ataupun konsultan akan jauh lebih formal ketimbang kantor media ataupun hiburan. Jadi lebih baik lakukan riset terlebih dahulu, atau untuk cara aman pakailah pakaian yang normal dan standar pekerjaan formal sebelum menyesuaikan diri. Sedikit tips, kalian bisa melihat bagaimana HRD atau pewawancara kalian berpakaian. Sedikit banyak kalian akan punya gambaran.

SIAPKAN SEMALAM SEBELUMNYA

Selalu siapkan pakaian kerja kalian semalam atau sehari sebelumnya, ini berlaku untuk hari pertama maupun yang sudah bekerja. Jangan biasakan untuk mendadak dan gugup dalam berpakaian. Untuk hari pertama kerja bisa disiapkan jauh hari saat kalian diberi kabar bahwa kalian diterima. Dengan persiapan yang matang kalian dapat mengecek ulang apa yang kurang dan bisa mencoba terlebih dahulu.

Kesimpulannya, kalian harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Aturan berpakaian pasti berbeda antara perusahaan satu dengan yang lain. Usahakan selalu rapi, bersih, wangi, dan pantas dilihat. Selain itu juga harus diimbangi dengan kompetensi dan performa kerja yang bagus.